Sabtu, 12 Desember 2015

Usaha Rempeyek










Rempeyek Takejo

MK : Kewirausahaan
 




ILA BAITTY PRATIWI
201322009


PRODI KOMPUTERISASI AKUNTANSI
AKADEMI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
AMIK IMELDA





KATA PENGANTAR
            Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya kepada penulis,  sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ini  yang mana sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan Mata Kuliah Kewirausahaan. Adapun yang menjadi judul tugas ini adalah Rempeyek Takejo.

Dalam penyelesaian dan penyusunan tugas ini penulis tidak akan mampu menyelesaikan dengan baik tanpa ada dukungan, perhatian dan masukan penulisan tugas ini jauh lebih sempurna. Pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar – sebesarnya kepada:
  1. Bapak MJP Sagala, SH. MH selaku Dosen Pembimbing  yang telah meluangkan waktu dan membantu penulis dalam menyelesaikan tugas ini.
  2. Teristimewah terima kasih tak terhingga yang tulus kepada kedua orang tua dan keluarga yang telah memberikan nasehat dan doa dalam menyelesaikan tugas ini.
  3. Terima kasih kepada teman-teman sekalian yang telah memberi saya dukungan untuk membantu menyelesaikan tugas ini.
Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan tugas  ini. Penulis menyadari bahwa dalam tugas ini terdapat kekurangan, baik dari segi isi maupun tehnik penulisnya. Sebagai makluk ciptaan Allah Tuhan yang Maha Esa yang tidak lepas dari kesalahan dan kesilapan, maka penulis menerima saran saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan tugas ini.

Medan,19 Januari 2016
                                      Penulis,

Ila Baitty Pratiwi

NIM: 201322009



DAFTAR ISI

Halaman
KATA PENGANTAR.........................................................................................         i
DAFTAR ISI.........................................................................................................       ii
BAB I PENDAHULUAN.....................................................................................        1
A Latar Belakang............................................................................................       1
a.1 Bisnis Wirausaha..................................................................................        1
a.2 Objek dan Ciri Khas Wirausaha..........................................................         1
a.3 Visi dan Misi........................................................................................        2
a.4 Analisa Peluang Usaha........................................................................         2
B Profil Usaha................................................................................................         3
b.1 Nama Usaha........................................................................................        3
b.2 Nama Pemilik......................................................................................         3
b.3 Lokasi Perusahaan...............................................................................         3

BAB II  PRODUK.................................................................................................         4
A Jenis Produk................................................................................................         4
B Bahan dan Alat...........................................................................................          5
C Proses Pembuatan.......................................................................................         6

BAB III PEMASARAN........................................................................................         7
A Strategi Pemasaran........................................................................................         7
B Analisis SWOT.............................................................................................         8
C Struktur Organisasi.......................................................................................         9
BAB IV PERHITUNGAN KEUNTUNGAN.....................................................         10
A Modal........................................................................................................        10
B Perhitungan Keuntungan............................................................................          11
         
BAB V PENUTUP................................................................................................       14
A Kesimpulan.................................................................................................      14
B Saran...........................................................................................................     14

DAFTAR PUSTAKA


BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
a.1 Bisnis Wirausaha
Mengingat pentingnya perubahan ekonomi masyarakat di jaman sekarang ini, maka masyarakat di tuntut agar lebih semangat dan berusaha lagi untuk mencapai suatu pekerjaan dan mengalami perubahan yang lebih baik demi memenuhi kehidupan sendiri, keluarga, maupun untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan. Bukan hanya faktor tersebut saja melainkan juga masyarakat sekarang ini harus lebih kreatif lagi dalam mencari pekerjaan.
Seorang wirausahawan harus pandai dalam melihat peluang yang berada di lingkungan sekitarnya dan kemudian mampu memanfaatkan peluang tersebut dengan cara menciptakan suatu produk yang memiliki nilai tambah agar dapat menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan.Banyak sekali peluang usaha yang ada di sekitar lingkungan para wirausahawan yang dapat dimanfaatkan dalam proses memulai sebuah usaha.Salah satunya adalah bisnis makanan ringan. Bisnis aneka macam makanan ringan memang menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Salah satunya saja seperti camilan peyek yang dari dulu hingga sekarang masih digemari para konsumen.

a.2 Objek dan Ciri Khas Wirausaha
Rempeyek atau yang lebih akrab disebut peyek merupakan sejenis makanan ringan dari kelompok gorengan yang dibuat dari adonan tepung beras dengan beragam jenis toping di atasnya.
Toping atau pengisi yang sering digunakan para pelaku usaha untuk melengkapi gurihnya rasa peyek pun sangat beragam. Diantaranya ada kacang tanah, kacang kedelai,  kacang hijau, ikan teri, serta toping udang kecil yang belakangan ini mulai marak beredar di kalangan masyarakat luas.
Dari beragam jenis rempeyek yang beredar di pasaran, camilan peyek kedelai merupakan satu dari sekian banyak peyek yang digemari banyak konsumen. Tak hanya citarasa dan renyahnya saja yang membuat konsumen ketagihan, camilan peyek ternyata juga mendatangkan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya.


a.3 Visi dan Misi
·         Visi wirausaha rempeyek takejo yaitu terus melakukan pengembangan dan kemajuan terhadap tempat usaha, sehingga dapat bersaing dengan yang  lainya.
·         Misi wirausaha rempeyek takejo yaitu memberikan pelayanan yang terbaik serta kualitas yang bermutu terhadap konsumen.

a.4 Analisa Peluang Usaha
Menganalisa peluang usaha sangat penting dalam melakukan pemasaran karena seorang wirausaha harus bisa mengidentifikasi apakah produk yang dipasarkan sesuai dengan daerahnya atau tidak.
Sehubungan dengan pembuatan “Rempeyek Takejo” , produk ini sangat diminati oleh masyarakat pedesaan sehingga di desa adalah peluang usaha yang sangat pas untuk membuka usaha tersebut khususnya di Tembung. Orang Tembung mayoritas menyukai makanan yang bercita rasa gurih. Oleh karena itu produk yang saya buat saya pasarkan dilingkungan Tembung guna membuka peluang usaha yang diminati banyak masyarakat serta melestarikan makanan tradisional.
Saya memilih wirausaha Rempeyek karena meneruskan usaha keluarga saya sudah ada sejak dulu. Awalnya usaha ini pun sekarang sudah sangat berkembang di desa saya. Dan juga masyarakat dilingkungan saya menyukai makanan yang bercita rasa gurih. Oleh karena itu produk yang saya buat ini saya pasarkan dilingkungan Bandar Setia guna membantu menjual produk paman saya yang diminati banyak masyarakat serta melestarikan makanan tradisional.

B.   Profil Usaha
b.1 Nama Usaha
Nama usaha yang saya buat adalah “Rempeyek Takejo”.

b.2  Nama Pemilik
Nama Pemilik Usaha = Ila Baitty Pratiwi
Dalam sistem managerial, pemilik modal tetap membawahi semua karyawan yang ada. Standart SDM dari Rempeyek Takejo ini memiliki 2 karyawan. Sebagai pemilik sekaligus pemberi modal, saya diharuskan tetap mengawasi jalannya usaha serta kerja para karyawannya, serta bertanggung jawab penuh atas semua kelangsungan usaha. 
b.3  Lokasi Perusahaan
Tempat usaha ini berlokasi di rumah sendiri. Karena merupakan Usaha Home Industri.
BAB II
PRODUK


A.    Jenis Produk
Jenis produk yang akan dibuat yaitu sejenis makanan gurih yang disukai masyarakat setempat, dan produk yang telah jadi akan dipasarkan di pasar-pasar tradisional dan warung-warung terdekat. Peyek merupakan salah satu makanan yang cukup digemar. Selain renyah, rempeyek ini dapat dinikmati sebagai camilan maupun lauk pelengkap sebagai pengganti kerupuk.
Rempeyek atau sering disebut peyek ini masuk dalam kelompok gorengan. Terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, kemudian diberi bumbu, dan diberi bahan pengisi seperti kacang tanah, kedelai, teri, udang kecil dan masih banyak lagi sesuai selera.

A.    Bahan dan Alat

Dalam proses pembuatan Rempeyek Kacang perlu ditetapkan beberapa hal, diantaranya yaitu:

1.Menganalisa bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan, bahan-bahannya antara lain yaitu:
  • 4 kg  tepung rose brand
  • 1 ons  lembar daun jeruk, iris halus
  • 2 kg  kacang tanah pilihan
  • 6 L minyak goreng
  • 500 mili liter air santan
  • 1½  siung bawang putih
  • ½  kg ketumbar
  •  ½ kg kemiri
  •  ½ kg  garam
  • 1 kg Plastik

2.Alat-alatnya :
  • Pisau
  • Cobek
  • Wajan
  • Wadah
  • Kompor


C. Proses Pembuatan
 Adapun tahapan-tahapan dalam proses pembuatan  rempeyek  kacang ini :
  1. Haluskan bumbu rempeyek yaitu bawang putih, ketumbar sangrai, kemiri sangrai, garam sampai halus
  2. Campurkan bumbu halus tersebut dengan tepung beras, tepung kanji, santan dan daun jeruk iris, kemudian aduk sampai rata dan menjadi adonan.
  3. Tambahkan kacang tanah ke dalam adonan, aduk sampai rata.
  4. Panasakan minyak goreng yang banyak dengan api sedang.
  5. Masukan adonan sebanyak 3 sendok makanan tipis merata untuk mendapatkan hasil gorengan yang bagus, tempatkan adonan di pinggir wajan lalu siram dengan  minyak panas sehingga adonan terlepas.
  6. Tunggu hingga matangnya merata, angkat lalu tiriskan, ulangi proses tersebut hingga adonan habis.
  7. Dan ulangi penggorenagn hingga matangnya merata. Agar tidak menjadi lembek, simpan di toples dengan tertutup rapat.
BAB III
PEMASARAN


Perusahaan industri perumahan ini memproduksi “Rempeyek Takejo” dengan rasa yang enak dan renyah.

A.    Strategi Pemasaran
Pemasaran adalah semua kegiatan usaha yang berkaitan dengan arus penyerahan barang-barang, jasa-jasa dari produsen ke konsumen.
Dengan demikian, pemasaran adalah hal terpenting dalam melakukan kegiatan usaha demi tercapainya suatu tujuan. Jadi sebelum melakukan kegiatan pemasaran hal yang perlu di perhatikan adalah tempat pemasaran produk dan siapa target dari pemsaran tersebut.
Sehubungan dengan produk yang saya buat yaitu Rempeyek Takejo, maka tempat pemasaran yang tepat untuk produk yang diproduksi adalah daerah sekitar tempat tinggal.
Tempat Pemasaran / lokasi pemasaran yang diinginkan :
  • Letak wilayahnya yang strategis
  • Mudah dijangkau oleh konsumen
  • Bahan-bahan yang didapat mudah dicari
  • Biaya transportasi murah
  • Tenaga kerja mudah didapat
  • Sarana angkutan mudah dan banyak
Tempat Pemasaran / lokasi pemasaran yang direncanakan :
·         Rumah Sendiri
·         Warung sekitar tempat tinggal
·         Kampus UISU
·         Supermarket
·         Bank
·           Perumahan

B.     Analisis SWOT
1.    Faktor Pendukung (kekuatan)
·                     Faktor tersedianya bahan baku
·                     Faktor penyaluran distributor
·                     Faktor transportasi
·                     Faktor tempat strategis
·                     Faktor permodalan
·                     Faktor pelayanan konsumen

2.    Faktor Penghambat(kelemahan)
·                     Faktor hambatan dalam mengusai pasar
·                     Faktor persaingan dagang
·                     Faktor kerusakan barang
·                     Faktor kurangnya keahlian dalam bidang yang dijalaninya
·                     Faktor pelayanan yang kurang baik / memuaskan

3.      Opportunity (peluang)
·                    Kebiasaan para konsumen yang mencari camilan yang bergizi, murah dan bercita rasa seperti saat ini terutama remaja
·                    Rempeyek dapat dinikmati sebagai camilan maupun pelengkap makan, pengganti kerupuk.

4.      Threat (ancaman)
Harga bahan dasar yang tidak dapat diperkirakan juga menjadi salah satu hambatan bisnis tersebut.


  
C.    Struktur Organisasi


BAB IV
PERHITUNGAN KEUNTUNGAN


A.    Modal
Dalam membuka usaha rempeyek kacang perlu adanya perhitungan biaya yang dikeluarkan dalam produksi sehari, sebagai berikut :

Ø Modal bahan produksi:
·         Gas (18.000 x 4 tabung)                                  Rp    72.000,-
·         4   kg  tepung Rose Brand                               Rp     32.000,-
·         1 ons daun jeruk                                               Rp       3.000,-
·         2 kg  kacang tanah                                           Rp      18.000,-
·         6 L minyak makan                                           Rp      72.000,-
·         1½ Bawang putih                                             Rp      30.000,-
·        ½  kg Ketumbar                                     Rp      10.000,-
·         ½ kg Kemiri                                                     Rp      10.000,-
·        1 kg  Garam                                                      Rp       8.000,-
·         5 Butir Kelapa                                                  Rp      25.000,-
·        1 kg  Kencur                                                     Rp      15.000,-
·        20 Butir  Telur                                                  Rp      24.000,-
·         1 kg  Plastik                                                     Rp      25.000,- +
Jumlah modal bahan produksi                                Rp     344.000,-

Ø Modal peralatan produksi:
Penggunaan peralatan produksi dalam 1 tahun :
·         Kompor                                                            Rp    1.200.000
·         Wadah +  pisau                                                Rp       600.000
·         Peralatan Penggorengan                                   Rp       800.000 +
Jumlah                                                             Rp    2.600.000
-          Penyusutan modal peralatan produksi per bulan = 2.600.000 : 12      =  Rp 217.000
-          Penyusutan modal peralatan produksi per hari   = 217.000 : 30          =  Rp     7.200

Ø Jumlah modal produksi yang dikeluarkan per hari :

Modal bahan produksi / hari
Rp  344.000
Penyesutan modal peralatan produksi /hari
Rp      7.200
Biaya tenaga kerja
Rp  200.000
TOTAL MODAL/hari
Rp. 551.200




B.     Perhitungan Keuntungan
Ø Penetapan Harga Jual
Dengan modal Rp 551.200,-  saya bisa menghasilkan 1.200 biji  rempeyek,  maka diperoleh:
Harga Pokok per unit     =              Modal
                                         Hasil Produksi

                                                 =          Rp.551.200
                                                                 1.200 biji
  
                                                   =         Rp. 500 /biji
  
  
  


Perhitungan Harga Jual
@ Kemasan produk:

Kemasan Kecil
Kemasan Besar
JUMLAH
Jumlah biji @ kemasan
12 biji / kemasan x
(70 kemasan)
20 biji / kemasan x
(50 kemasan)
1.200 biji/
120 kemasan
Harga pokok / biji
             Rp     500/biji
         Rp     500/biji
       -
Harga pokok /kemasan
 500 x 12 = Rp   6.000
500 x 20 = Rp 10.000   
        -
Harga jual / kemasan
         Rp   10.000
          Rp   18.500
        -
Laba bersih/ kemasan
10.000 – 6.000 =  Rp 4.000
                    
4.000 x 70 = Rp  280.000
18.500 – 10.000  = Rp 8.500 

8.500 x 50 = Rp    425.000

   Rp 705.000
Total pendapatan
         Rp . 700.000
Rp 925.000
 Rp  1.625.000




Ø  PERHITUNGAN RUGI / LABA
·         Hasil penjualan = Rp 1.625.000
·         Modal                           = Rp    551.200 -
·         Laba bersih / hari          = Rp 1.073.800
·         Presentasi Laba            =        Laba       X 100%
                                                    Modal

                                           =       1.073.800    X 100%
                                                     551.200

                                           =   19,48 %




 ANALISIS KEUNTUNGAN
                                                  =        18,14 %

Jadi, keuntungan  yang  kita bisa dapatkan dari 18,14%  adalah :

Keuntungan per hari        =    Rp. 1.625.000  X  18,14%
                                                                    
                                                            =     Rp. 294.775,-




BAB V
PENUTUP


A.    Kesimpulan
Setelah saya mengumpulkan berbagai macam bahan berupa data maupun fakta dan penyusunan menjadi sebuah proposal sebagai salah satu syarat untuk Tugas Mata Kuliah Keirausahaan  materi produktif, saya menyimpulkan bahwa :
  • Tugas mata kuliah Kewirausahaan, sangat bermanfaat bagi saya untuk memperluas wawasan saya mengenai peranan berwirausaha.
  • Dengan pelaksanaan Mata Kuliah  ini mendidik saya supaya optimis dalam berusaha dan disiplin untuk memulai suatu usaha.
  • Strategi yang baik akan mendukung dalam berwirausaha dan yang kurang baik dapat menghambat usaha dalam berwirausaha.
  • Pentingnya pelayanan prima dapat mempengaruhi keberhasilan dalam berwirausaha.

B.     Saran
Saran saya untuk pengembangan lebih lanjut adalah:

·         Sebaiknya usaha menggunakan mesin pembungkus yang lebih modern lagi agar dapat menghemat waktu produksinya.
·         Sebaiknya pemasaran produk rempeyek ini harus dipromosikan ke beberapa tempat agar client lebih banyak lagi.
 



DAFTAR PUSTAKA

Andi Kristanto, 2003. kEWIRAUSAHA GRAHA ILMU, Yogyakarta.
Referensi Online :
1) http://www.agungnugroho.Kewirausahaan=prototype
2) http://id.wikipedia.org/wiki/wirausaha .



 

5 komentar:

  1. rempeyeknya ada... mau rempeyek apa?

    BalasHapus
  2. minta wa/ig nya wkwkw
    ini sangan bermamfaat ,,thanks ya salam dari kalimantan

    BalasHapus
  3. kak itu yg 18.14% dpt darimana ya

    BalasHapus
  4. Kak itu yg 18.14% dpat dri mna kk?

    BalasHapus
  5. Kak itu yg 18.14% dpat dri mna kk?

    BalasHapus