Rempeyek Takejo
MK : Kewirausahaan
ILA BAITTY PRATIWI
201322009
PRODI KOMPUTERISASI AKUNTANSI
Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat
Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas ini yang mana sebagai salah satu syarat untuk
menyelesaikan Mata Kuliah
Kewirausahaan. Adapun yang menjadi judul tugas ini adalah Rempeyek Takejo.
Dalam penyelesaian dan penyusunan tugas ini penulis tidak akan mampu menyelesaikan dengan baik tanpa
ada dukungan, perhatian dan masukan penulisan tugas ini jauh lebih sempurna. Pada kesempatan ini penulis ingin
menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar – sebesarnya kepada:
- Bapak MJP Sagala, SH. MH selaku Dosen Pembimbing yang telah meluangkan waktu dan membantu penulis dalam menyelesaikan tugas ini.
- Teristimewah terima kasih tak terhingga yang tulus kepada kedua orang tua dan keluarga yang telah memberikan nasehat dan doa dalam menyelesaikan tugas ini.
- Terima kasih kepada teman-teman sekalian yang telah memberi saya dukungan untuk membantu menyelesaikan tugas ini.
Akhir kata penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah
membantu dalam menyelesaikan tugas ini. Penulis menyadari bahwa dalam tugas ini
terdapat kekurangan, baik dari segi isi maupun tehnik penulisnya. Sebagai
makluk ciptaan Allah Tuhan yang Maha Esa yang tidak lepas dari kesalahan dan
kesilapan, maka penulis menerima saran saran dan kritik yang bersifat membangun
demi perbaikan tugas ini.
Medan,19 Januari 2016
Penulis,
Ila Baitty Pratiwi
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR......................................................................................... i
DAFTAR ISI......................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN..................................................................................... 1
A Latar Belakang............................................................................................ 1
a.1 Bisnis Wirausaha.................................................................................. 1
a.2 Objek dan Ciri Khas Wirausaha.......................................................... 1
a.3 Visi dan Misi........................................................................................ 2
a.4 Analisa Peluang Usaha........................................................................ 2
B Profil Usaha................................................................................................ 3
b.1 Nama Usaha........................................................................................ 3
b.2 Nama Pemilik...................................................................................... 3
b.3 Lokasi Perusahaan............................................................................... 3
BAB II PRODUK................................................................................................. 4
A Jenis Produk................................................................................................ 4
B Bahan dan Alat........................................................................................... 5
C Proses Pembuatan....................................................................................... 6
BAB III PEMASARAN........................................................................................ 7
A Strategi Pemasaran........................................................................................ 7
B Analisis SWOT............................................................................................. 8
C Struktur Organisasi....................................................................................... 9
BAB IV PERHITUNGAN KEUNTUNGAN..................................................... 10
A Modal........................................................................................................ 10
B Perhitungan Keuntungan............................................................................ 11
BAB V PENUTUP................................................................................................ 14
A Kesimpulan................................................................................................. 14
B Saran........................................................................................................... 14
DAFTAR PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
a.1 Bisnis Wirausaha
Mengingat
pentingnya perubahan ekonomi masyarakat di jaman sekarang ini, maka masyarakat
di tuntut agar lebih semangat dan berusaha lagi untuk mencapai suatu pekerjaan
dan mengalami perubahan yang lebih baik demi memenuhi kehidupan sendiri,
keluarga, maupun untuk membantu orang lain yang mengalami kesusahan. Bukan
hanya faktor tersebut saja melainkan juga masyarakat sekarang ini harus lebih
kreatif lagi dalam mencari pekerjaan.
Seorang
wirausahawan harus pandai dalam melihat peluang yang berada di lingkungan
sekitarnya dan kemudian mampu memanfaatkan peluang tersebut dengan cara
menciptakan suatu produk yang memiliki nilai tambah agar dapat menarik minat
konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan.Banyak sekali peluang usaha yang
ada di sekitar lingkungan para wirausahawan yang dapat dimanfaatkan dalam
proses memulai sebuah usaha.Salah satunya adalah bisnis makanan ringan. Bisnis
aneka macam makanan ringan memang menjanjikan keuntungan yang cukup besar.
Salah satunya saja seperti camilan peyek yang dari dulu hingga sekarang masih
digemari para konsumen.
a.2 Objek dan Ciri Khas Wirausaha
Rempeyek
atau yang lebih akrab disebut peyek merupakan sejenis makanan ringan dari kelompok gorengan yang dibuat dari adonan tepung
beras dengan beragam jenis toping di atasnya.
Toping atau pengisi yang sering digunakan para pelaku usaha
untuk melengkapi gurihnya rasa peyek pun sangat beragam. Diantaranya ada kacang
tanah, kacang kedelai, kacang hijau,
ikan teri, serta toping udang
kecil yang belakangan ini mulai marak beredar di kalangan masyarakat luas.
Dari
beragam jenis rempeyek yang beredar di pasaran, camilan peyek kedelai merupakan
satu dari sekian banyak peyek yang digemari banyak konsumen. Tak hanya citarasa
dan renyahnya saja yang membuat konsumen ketagihan, camilan peyek ternyata juga
mendatangkan keuntungan cukup besar bagi para pelakunya.
a.3 Visi dan Misi
·
Visi
wirausaha rempeyek takejo yaitu terus melakukan pengembangan dan kemajuan
terhadap tempat usaha, sehingga dapat bersaing dengan yang lainya.
·
Misi
wirausaha rempeyek takejo yaitu memberikan pelayanan yang terbaik serta
kualitas yang bermutu terhadap konsumen.
a.4 Analisa Peluang Usaha
Menganalisa
peluang usaha sangat penting dalam melakukan pemasaran karena seorang wirausaha
harus bisa mengidentifikasi apakah produk yang dipasarkan sesuai dengan
daerahnya atau tidak.
Sehubungan
dengan pembuatan “Rempeyek Takejo” , produk ini sangat diminati oleh masyarakat
pedesaan sehingga di desa adalah peluang usaha yang sangat pas untuk membuka
usaha tersebut khususnya di Tembung. Orang Tembung mayoritas menyukai makanan
yang bercita rasa gurih. Oleh karena itu produk yang saya buat saya pasarkan
dilingkungan Tembung guna membuka peluang usaha yang diminati banyak masyarakat
serta melestarikan makanan tradisional.
Saya
memilih wirausaha Rempeyek karena meneruskan usaha keluarga saya sudah ada
sejak dulu. Awalnya usaha ini pun sekarang sudah sangat berkembang di desa
saya. Dan juga masyarakat dilingkungan saya menyukai makanan yang bercita rasa
gurih. Oleh karena itu produk yang saya buat ini saya pasarkan dilingkungan
Bandar Setia guna membantu menjual produk paman saya yang diminati banyak
masyarakat serta melestarikan makanan tradisional.
B.
Profil
Usaha
b.1 Nama Usaha
Nama usaha yang saya
buat adalah “Rempeyek Takejo”.
b.2 Nama Pemilik
Nama Pemilik Usaha =
Ila Baitty Pratiwi
Dalam
sistem managerial, pemilik modal tetap membawahi semua karyawan yang ada.
Standart SDM dari Rempeyek Takejo ini memiliki 2 karyawan. Sebagai pemilik
sekaligus pemberi modal, saya diharuskan tetap mengawasi jalannya usaha serta
kerja para karyawannya, serta bertanggung jawab penuh atas semua kelangsungan
usaha.
b.3 Lokasi Perusahaan
Tempat
usaha ini berlokasi di rumah sendiri. Karena merupakan Usaha Home Industri.
BAB II
PRODUK
A. Jenis Produk
Jenis
produk yang akan dibuat yaitu sejenis makanan gurih yang disukai masyarakat
setempat, dan produk yang telah jadi akan dipasarkan di pasar-pasar tradisional
dan warung-warung terdekat. Peyek merupakan salah satu makanan yang cukup
digemar. Selain renyah, rempeyek ini dapat dinikmati sebagai camilan maupun
lauk pelengkap sebagai pengganti kerupuk.
Rempeyek
atau sering disebut peyek ini masuk dalam kelompok gorengan. Terbuat dari
tepung terigu yang dicampur dengan air hingga membentuk adonan kental, kemudian
diberi bumbu, dan diberi bahan pengisi seperti kacang tanah, kedelai, teri,
udang kecil dan masih banyak lagi sesuai selera.
A. Bahan dan Alat
Dalam proses
pembuatan Rempeyek Kacang perlu ditetapkan beberapa hal, diantaranya yaitu:
1.Menganalisa
bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan, bahan-bahannya antara lain yaitu:
- 4 kg tepung rose brand
- 1 ons lembar daun jeruk, iris halus
- 2 kg kacang tanah pilihan
- 6 L minyak goreng
- 500 mili liter air santan
- 1½ siung bawang putih
- ½ kg ketumbar
- ½ kg kemiri
- ½ kg garam
- 1 kg Plastik
2.Alat-alatnya :
- Pisau
- Cobek
- Wajan
- Wadah
- Kompor
C. Proses Pembuatan
Adapun
tahapan-tahapan dalam proses pembuatan rempeyek
kacang ini :
- Haluskan bumbu rempeyek yaitu bawang putih, ketumbar sangrai, kemiri sangrai, garam sampai halus
- Campurkan bumbu halus tersebut dengan tepung beras, tepung kanji, santan dan daun jeruk iris, kemudian aduk sampai rata dan menjadi adonan.
- Tambahkan kacang tanah ke dalam adonan, aduk sampai rata.
- Panasakan minyak goreng yang banyak dengan api sedang.
- Masukan adonan sebanyak 3 sendok makanan tipis merata untuk mendapatkan hasil gorengan yang bagus, tempatkan adonan di pinggir wajan lalu siram dengan minyak panas sehingga adonan terlepas.
- Tunggu hingga matangnya merata, angkat lalu tiriskan, ulangi proses tersebut hingga adonan habis.
- Dan ulangi penggorenagn hingga matangnya merata. Agar tidak menjadi lembek, simpan di toples dengan tertutup rapat.
BAB
III
PEMASARAN
Perusahaan
industri perumahan ini memproduksi “Rempeyek Takejo” dengan rasa yang
enak dan renyah.
A. Strategi
Pemasaran
Pemasaran
adalah semua kegiatan usaha yang berkaitan dengan arus penyerahan
barang-barang, jasa-jasa dari produsen ke konsumen.
Dengan
demikian, pemasaran adalah hal terpenting dalam melakukan kegiatan usaha demi
tercapainya suatu tujuan. Jadi sebelum melakukan kegiatan pemasaran hal yang
perlu di perhatikan adalah tempat pemasaran produk dan siapa target dari
pemsaran tersebut.
Sehubungan
dengan produk yang saya buat yaitu “Rempeyek
Takejo” , maka tempat pemasaran yang tepat untuk produk yang diproduksi
adalah daerah sekitar tempat tinggal.
Tempat Pemasaran / lokasi pemasaran yang diinginkan :
- Letak wilayahnya yang strategis
- Mudah dijangkau oleh konsumen
- Bahan-bahan yang didapat mudah dicari
- Biaya transportasi murah
- Tenaga kerja mudah didapat
- Sarana angkutan mudah dan banyak
Tempat Pemasaran /
lokasi pemasaran yang direncanakan :
·
Rumah Sendiri
·
Warung sekitar tempat tinggal
·
Kampus UISU
·
Supermarket
·
Bank
·
Perumahan
B. Analisis
SWOT
1.
Faktor Pendukung (kekuatan)
·
Faktor tersedianya bahan baku
·
Faktor penyaluran distributor
·
Faktor transportasi
·
Faktor tempat strategis
·
Faktor permodalan
·
Faktor pelayanan konsumen
2.
Faktor Penghambat(kelemahan)
·
Faktor hambatan dalam mengusai pasar
·
Faktor persaingan dagang
·
Faktor kerusakan barang
·
Faktor kurangnya keahlian dalam bidang yang
dijalaninya
·
Faktor pelayanan yang kurang baik / memuaskan
3.
Opportunity (peluang)
·
Kebiasaan para konsumen yang mencari camilan yang
bergizi, murah dan bercita rasa seperti saat ini terutama remaja
·
Rempeyek dapat dinikmati sebagai camilan maupun
pelengkap makan, pengganti kerupuk.
4.
Threat (ancaman)
Harga
bahan dasar yang tidak dapat diperkirakan juga menjadi salah satu hambatan bisnis
tersebut.
C.
Struktur Organisasi
BAB IV
PERHITUNGAN KEUNTUNGAN
A. Modal
Dalam
membuka usaha rempeyek kacang perlu adanya perhitungan biaya yang dikeluarkan
dalam produksi sehari, sebagai berikut :
Ø Modal bahan produksi:
·
Gas (18.000 x 4 tabung) Rp 72.000,-
·
4 kg tepung Rose Brand Rp
32.000,-
·
1 ons daun jeruk Rp 3.000,-
·
2 kg kacang
tanah Rp 18.000,-
·
6 L minyak makan Rp 72.000,-
·
1½ Bawang putih Rp 30.000,-
· ½ kg Ketumbar Rp 10.000,-
·
½ kg Kemiri Rp 10.000,-
· 1 kg Garam Rp 8.000,-
·
5 Butir Kelapa Rp 25.000,-
· 1 kg Kencur Rp 15.000,-
· 20 Butir Telur Rp 24.000,-
·
1 kg Plastik Rp 25.000,- +
Jumlah modal bahan
produksi Rp
344.000,-
Ø Modal peralatan produksi:
Penggunaan
peralatan produksi dalam 1 tahun :
·
Kompor Rp 1.200.000
·
Wadah + pisau Rp 600.000
·
Peralatan Penggorengan Rp 800.000 +
Jumlah Rp
2.600.000
-
Penyusutan modal peralatan produksi per bulan = 2.600.000
: 12 = Rp 217.000
-
Penyusutan modal peralatan produksi per hari = 217.000 : 30 = Rp
7.200
Ø Jumlah modal produksi yang
dikeluarkan per hari :
Modal bahan produksi / hari
|
Rp 344.000
|
Penyesutan modal peralatan produksi /hari
|
Rp 7.200
|
Biaya tenaga kerja
|
Rp 200.000
|
TOTAL MODAL/hari
|
Rp.
551.200
|
B. Perhitungan
Keuntungan
Ø Penetapan Harga Jual
Dengan modal Rp 551.200,- saya bisa
menghasilkan 1.200 biji rempeyek, maka diperoleh:
Harga Pokok per unit = Modal
Hasil Produksi
= Rp.551.200
1.200 biji
= Rp.
500 /biji
Perhitungan Harga Jual
@ Kemasan produk:
Kemasan Kecil
|
Kemasan Besar
|
JUMLAH
|
|
Jumlah
biji @ kemasan
|
12 biji / kemasan x
(70 kemasan)
|
20 biji / kemasan x
(50 kemasan)
|
1.200 biji/
120 kemasan
|
Harga
pokok / biji
|
Rp
500/biji
|
Rp
500/biji
|
-
|
Harga
pokok /kemasan
|
500 x 12 =
Rp 6.000
|
500 x 20 = Rp 10.000
|
-
|
Harga
jual / kemasan
|
Rp 10.000
|
Rp 18.500
|
-
|
Laba
bersih/ kemasan
|
10.000 – 6.000 =
Rp 4.000
4.000 x 70 = Rp
280.000
|
18.500 – 10.000
= Rp 8.500
8.500 x 50 = Rp 425.000
|
Rp 705.000
|
Total
pendapatan
|
Rp . 700.000
|
Rp 925.000
|
Rp 1.625.000
|
Ø
PERHITUNGAN
RUGI / LABA
·
Hasil penjualan =
Rp 1.625.000
·
Modal =
Rp 551.200 -
·
Laba bersih / hari = Rp 1.073.800
·
Presentasi Laba = Laba X 100%
Modal
= 1.073.800
X 100%
551.200
= 19,48 %
ANALISIS
KEUNTUNGAN
=
18,14 %
Jadi, keuntungan yang
kita bisa dapatkan dari 18,14%
adalah :
Keuntungan per hari = Rp. 1.625.000
X 18,14%
= Rp. 294.775,-
BAB
V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah
saya mengumpulkan berbagai macam bahan berupa data maupun fakta dan penyusunan
menjadi sebuah proposal sebagai salah satu syarat untuk Tugas Mata Kuliah
Keirausahaan materi produktif, saya
menyimpulkan bahwa :
- Tugas mata kuliah Kewirausahaan, sangat bermanfaat bagi saya untuk memperluas wawasan saya mengenai peranan berwirausaha.
- Dengan pelaksanaan Mata Kuliah ini mendidik saya supaya optimis dalam berusaha dan disiplin untuk memulai suatu usaha.
- Strategi yang baik akan mendukung dalam berwirausaha dan yang kurang baik dapat menghambat usaha dalam berwirausaha.
- Pentingnya pelayanan prima dapat mempengaruhi keberhasilan dalam berwirausaha.
B.
Saran
Saran
saya untuk pengembangan lebih lanjut adalah:
·
Sebaiknya usaha menggunakan
mesin pembungkus yang lebih modern lagi agar dapat menghemat waktu produksinya.
·
Sebaiknya pemasaran
produk rempeyek ini harus dipromosikan ke beberapa tempat agar client lebih
banyak lagi.
DAFTAR PUSTAKA
Andi Kristanto, 2003. kEWIRAUSAHA GRAHA ILMU, Yogyakarta.
Referensi Online :
1) http://www.agungnugroho.Kewirausahaan=prototype
2) http://id.wikipedia.org/wiki/wirausaha .
rempeyeknya ada... mau rempeyek apa?
BalasHapusminta wa/ig nya wkwkw
BalasHapusini sangan bermamfaat ,,thanks ya salam dari kalimantan
kak itu yg 18.14% dpt darimana ya
BalasHapusKak itu yg 18.14% dpat dri mna kk?
BalasHapusKak itu yg 18.14% dpat dri mna kk?
BalasHapus